Betapa Indah Panggilan-Mu Tuhan

 

Kalimat dari Kitab Mazmur inilah yang menjadi sumber inspirasi bagi para rohaniwan/ti se-dekenat Blambangan untuk merayakan Hari Minggu Panggilan dengan kegiatan Live in. Kegiatan yang berlangsung  mulai tanggal 23-26 April 2015 ini diikuti oleh para rohaniwan/ti se-dekenat Blambangan dan juga dari beberapa Tarekat undangan dalam Keuskupan Malang. Total peserta live in ada 68 orang dari 18 Tarekat antara lain; Projo, H.Carm, Abdi Kristus, CP Rubiah, CP Putri, CP Putra, Misericordia, OSM, SMM, Alma, SVD, PIJ, PK, O. Carm, Bruder Budi Mulia, MSA, SPM dan CM. Para Rohaniwan/ti ini Live in di rumah keluarga-keluarga  yang ada di Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi, Paroki Maria Ratu Para Rasul Curahjati, Paroki Kristus Raja Genteng dan Kuasi Paroki St. Paulus Wringinagung (Jajag). Adapun kegiatan lain yang para peserta live in lakukan yakni  kunjungan ke sekolah-sekolah Katolik yang ada di Dekenat Blambangan.

Kegiatan diawali dengan Misa Pembukaan di Gereja Kuasi Paroki St. Paulus Wringinagung. Misa Kudus dipersembahkan oleh para Romo se- Dekenat Blambangan dengan selebran utama Rm. Sabbas, CM selaku Romo Pastor Paroki Kristus Raja Genteng. Sebelum misa dimulai, para rohaniwan/ti disambut dengan permainan Drumband dan Patrol dari siswa-siswi SDK St. Petrus Jajag, SMPK St. Aloysius Jajag serta SMPK Yos Sudarso, Siliragung. Acara berikutnya adalah misa pembukaan dengan perkenalan singkat dari para rohaniwan/ti peserta Live in. Setelah acara ramah tamah usai Misa, para peserta berangkat menuju tempat live in yang tersedia. Seluruh peserta Live in begitu bersemangat dan antusias untuk “belajar kehidupan” bersama keluarga.

Tujuan  utama rangkaian kegiatan minggu panggilan ini tentunya agar muncul dan berkembangnya benih panggilan khusus dalam diri kaum muda saat ini. Tak kalah pentingnya juga agar banyak keluarga Katolik mengalami  dan memahami betapa indahnya rahmat panggilan Tuhan yang telah dihidupi oleh setiap orang, terutama oleh para rohaniwan/ti. Tentu, banyak pihak berharap dengan adanya kegiatan live in ini, para keluarga, baik orang tua maupun anak-anak dapat merasakan  nuansa kehidupan panggilan hidup khusus para rohaniwan/ti.

Berikut adalah sekilas gambaran kegiatan aksi panggilan di dekenat Blambangan. Hari pertama dan kedua, para rohaniwan/ti mengikuti rutinitas kegiatan (tinggal bersama) keluarga.  Hari ketiga (25 April 2015), para peserta live in in melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah Katolik yang ada di masing-masing Paroki. Dalam kegiatan ini, para  rohaniwan/ti  mengajak siswa/I untuk mengenal dan memahami betapa indahnya panggilan khusus dan spiritualitasnya masing-masing. Kemudian, sore harinya, ada kegiatan bersama OMK di Paroki masing-masing.

Aksi Minggu Panggilan ini diakhiri dengan Misa Kudus di Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit Paroki Maria Ratu Para Rasul Curahjati, dengan selebran utama Rm. Yoseph Utus, O. Carm selaku  Ketua Dekenat Blambangan. Misa penutupan ini sungguh meriah dan terasa  begitu khusyuk penuh iman karena semua umat begitu antusias meskipun sejak pagi daerah Curahjati di guyur hujan deras. Rasa dingin karena hujan  sama sekali tidak mengurangi kekhusyukkan umat untuk dalam mengikuti misa. Selesai misa, dilanjutkan dengan acara bersama dengan para rohaniwan/ti, segenap umat, para keluarga live in, para OMK dari ke tiga Paroki dan kuasi Paroki Jajag. Semua kegiatan berjalan dengan lancar, meriah dan dengan penuh kegembiraan. Akhirnya rangkaian kegiatan ini ditutup dengan harapan dan doa, semoga keindahan panggilan Tuhan dalam rupa panggilan khusus sungguh terasa dan memperoleh tanggapan positif dalam sanubari setiap insan beriman yang berada di dekenat Blambangan. Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah Bapa dalam persekutuan Roh Kudus senantiasa menyertai kita semua. Amin. (sr. M. Alni, H.Carm).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here