Gambaran Geografis Keuskupan Malang

oleh : Rm. Dr. Antonius Deni Firmanto, Pr, M.Pd

 

Keuskupan Malang terletak di Provinsi Jawa Timur. Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki karakteristik yang sangat menarik dilihat dari keadaan geografi, keadaan penduduk, bahasa yang dipergunakan sehari-hari dan masih banyak kekhasan lainnya.

– Propinsi Jawa Timur terletak pada 111,0’ – 114,4’ Bujur Timur dan 7,12’ – 8,48’ Lintang Selatan. Luas Propinsi Jawa Timur 46.428,57 km², yang terbagi menjadi 38 kabupaten/kota (29 kabupaten dan 9 kota) dan mempunyai penduduk berjumlah 37.070.731 jiwa (2005).

Bagian utara dan termasuk pulau Madura adalah dataran rendah dan kurang subur. Sebaliknya, bagian tengah merupakan dataran yang subur yang cocok untuk pertanian dan perkebunan karena taburan debu vulkanik dan aliran sungai yang membasahi tanahnya.

Penduduk Jawa Timur kurang lebih sebanyak 75% berbahasa Jawa, 24% berbahasa Madura, dan sejumlah kecil lainnya menggunakan dialek Osing di Banyuwangi dan dialek Tengger di sekitar pegunungan Semeru, Bromo dan Tengger.

Wilayah Keuskupan Malang adalah bagian timur pulau Jawa dan pulau Madura beserta pulau-pulau kecil di dekatnya. Luas wilayah Keuskupan Malang adalah 24.409 km2 yang berada dalam 4 kota dan 12 kabupaten.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *