Homili pada PESTA  SYUKUR 25 th Hidup Membiara

Sr. MARIA Vianney,P.Karm

Serta pengikraran KAUL KEKAL

Sr. Alphonsa dari Yesus,P.Karm

Sr. Priscilla Regina Maria,P.karm

Sr. Maria Aurelia,P.Karm

Sr. Maria Redempta,P.Karm

Sr. Maria Brigitta,P.Karm

Sr. Maria Angela,P.Karm

Sr. Maria Dominique Savio,P.Karm

Yang Berbahagia Sr. Maria Vianney  Jubilaris

Para Suster yang akan mengikrarkan kaul kekal

Suster pimpinan Umum Kongregasi Putri Karmel dan dewannya

Bapak Pendiri Kongregasi Putri Karmel

Keluarga besar para suster Kongregasi Puteri Karmel, orang tua dan famili dari para suster yang berkaul dan para tamu undangan, Romo, Biarawan-biarawati dan hadirin yang terkasih,

 

  1. Mencermati perjalanan panggilan Suster Yubilaris Maria Vianney, dan proses perjalanan yang telah ditapaki oleh para Suster bertujuh, pastilah semuanya sudah menemukan panggilannya yang tepat serta memperoleh dukungan dari pengolahan hidupnya selama masa penyerahan diri secara total dan selama masa Yuniorat. Mengenali dan menyadari adanya hubungan baik dengan diri sendiri, kebahagiaan karena memiliki relasi yang sehat dengan sesama Suster dalam komunitas, mampu menerima kelebihannya dan kekurangannya serta tidak cemas terhadap sesama suster ataupun hadai taulan yang punya kelebihan. Seterusnya telah menyiapakan diri untuk bertanggungjawab atas keputusan yang sudah diambil serta cukup berani untuk berbuat benar maupun keliru dengan segala resikonya. Dan pada hari ini para Suster mendapatkan peneguhan dari Tuhan melalui firmannya dalam Kitab Nabi Yesaya yang menyiapkan firman Allah melalui berbagai macam simbol yang diangkatnya. Secara jelas Yesaya tadi mewartakan Firman Allah. Penyertaan Tuhan diresapi dengan tandas: ”Aku akan menyertai engkau, bila menyeberangi melalui air atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. Tuhan sebagai Allah yang mahakudus dan juruselamat telah menciptakan dan menyelamatkan karena sebagai seorang yang dipanggil dan dipilih Anda bertujuh bahkan delapan termasuk Suster Yubilaris berharga di mata Tuhan, mulia dan dikasihi”. Santo Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Tesalonika berharap bahwa Roh, jiwa dan tubuh terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Tuhan yang memanggil adalah setia, dan akan menggenapinya.

 

  1. Tanpa dijiwai oleh Roh Kristus, manusia tidak dapat berbuah baik dari dirinya sendiri: kalau tidak tinggal di dalam Kristus, tidak menghasilkan apa-apa; ranting menjadi kering dan dipotong, dibuang keluar, dicampakkan ke dalam Api.

Buah yang sejati itu bukan keberhasilan sendiri, tetapi mengandaikan orang berkaul akan tetap setia di dalam kaulnya: ”Kamu tinggal didalam AKU, dan firmanKu tinggal didalam kamu”. Dalam keadaan bersatu erat, hidup karena Roh dan Sabda, kita orang terpanggil dan berkaul diminta oleh Tuhan Yesus Kristus, ”Mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya”. Dalam kesatuannya dengan Kristus, pokok anggur yang benar, hidup manusia yang tersucikan tidak akan ada permintaan lain kecuali Roh yang baik dan pelaksanaan kehendak BAPA dalam berbagai macam bentuk, menurut rencana yang diilhamkan oleh Tuhan, dan diterima serta dilaksanakan demi kemuliaan Bapa. Hidup, Doa, permintaan dan karya kerasulan orang yang tersucikan oleh Tuhan itu tidak lain daripada tersalurkan hidup dan cinta Tritunggal dalam kehidupan tubuh Kristus, tersembul keluar ke dunia manusia lewat ranting-ranting anggotanya. Seluruh hidup,doa, jiwa dan karya tidak lain daripada pertumbuhan karya Tritunggal dalam dunia, lewat buah-buah masak dari pokok anggur Kristus, yang menerima buah banyak, dan dengan demikian Bapa sungguh dipermuliakan.

 

PENUTUP

Kesadaran akan dirinya dalam pengenalan, dan sumber yang selalu memberi kekuatan, maka Anda bertujuh dan Yubilaris akan tetap pada jalur keselamatan.

Semoga Tuhan melimpahkan berkat demi berkatNYA.  Amin

 

 

 

Malang, 14 Aguatus  2012

 

 

Msgr. H.J.S.Pandoyoputro,O.Carm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here