SELAMAT PASKAH  2020

               Pada PASKAH tahun 2020 ini bisa diibaratkan perayaan dengan sunyi, perayaaan tanpa gegap gempita dan itu semua karena ada hal yang luar biasa dan belum pernah terjadi diseluruh dunia. Kita umat KATOLIK baik yang rajin ke gereja maupun yang jarang kegereja pun merasakan perayaan Ekaristi yang dilakukan secara Live Streaming di semua paroki. Semua umat tetap merayakan perayaan Ekaristi dengan tetap tinggal di rumah saja karena peristiwa yang menyeruak di seluruh dunia tentang COVID 19, dan pemerintah Indonesia telah menetapkan social distancing  meningkat menjadi Phisical distancing  kepada kita semua. Perayaan yang agung inipun tidak bisa dilaksanakan dengan meriah dengan gegap gempita dan tidak ada pesta. Ratusan Umat yang bisa berkumpul di gereja dibatasi dan lebih besarnya lagi dihimbau untuk merayakan tanpa dengan hiruk pikuk umat (manusia). Tujuan tersebut adalah untuk memutus matarantai penyebaran Virus Covid 19 ini. Gereja harus taat pada pemerintah agar keselamatan umat manusia di Indonesia bisa dirasakan oleh semuanya tidak oleh umat katolik saja.

MISA tanpa UMAT dilakukan oleh Keuskupan Malang

Pesan yang disampaikan oleh bapa Uskup Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan kepada umat Keuskupan Malang pada perayaan paskah tahun 2020 ini yang berada dirumah semuanya, bisakah kita semuanya masih bergembira karena peristiwa yang luar biasa ini, dan bisakah kita memaknai PASKAH kebangkitan ini dengan sukacita. Kita semua bisa bergembira karena Yesus yang mati dan bangkit  betapa lebih besarnya dan agung, karena Yesus Kristus sudah dibangkitkan oleh Allah dan Allah Bapa sudah memberikan yang paling besar dan mulia Puetera terkasihNYA kepada kita umat berdosa ini yaitu penebusan dosa yang luar biasa dahsyatnya. Dalam Iman kita Yesus Kristus yang ada disisi kanan Allah telah menjadi pembela kita, dan dari Surga mulia Darah Kristus berteriak lebih keras dan kuat bagi penebusan dosa-dosa kita. Itulah bukti Cinta Allah kepada umat manusia yang penuh dengan Dosa yang tidak pernah diperhitungkan tetapi tetap dicinta. Mari kita menjadi orang yang selalu bertekun karena Yesus yang bangkit yang menjadi pembela kita semua yang berkuasa dan duduk disisi kanan Allah Bapa.

Semoga cahaya Kristus menyembuhkan Dunia ini

Pesan yang sama juga di erikan oleh Bapa Suci Paus Fransiskus dengan ajakan tetap tinggal dirumah dalam beribadah dan tetap dalam doa-doa bersama agar wabah yang menakutkan ini segera berakhir. Peristiwa yang luar biasa adalah semua bunyi-bunyian dan sorak-sorai menjadi kesunyian, menjadikan gereja-gereja rumah tangga terjadi, mejadikan pribadi-pribadi yang berani mewartakan kasih Allah dari rumah masing-masing. Pewartaan ini berat dan harus dilaksanakan, ketekunan dan ketaatan kita akan peraturan yang ada juga diuji dan kekhusukan doa-doa kita kepada Allah juga dibuktikan.

bersama sang Kristus mohon agar wabah ini segera berakhir

Paskah adalah kebangkitan dan kebahagiaan akan penebusan Dosa, penebusan kehidupan yang lama menjadi baru. Semoga dengan kesunyian dan doa-doa dalam keluarga kita semua wadah ini segera berlalu. Dan biarlah wabah ini menjadi cambuk kita bahwa doa-doa kita semakin nyata dan terjadi dalam semua keluarga-keluarga kita semua. Tuhan memberkati kita semua dan SELAMAT PASKAH