Sejarah Paroki Batu

Nama Paroki : Batu

Nama/Pelindung : Gembala Baik

Buku Baptis : Sejak 1 September 1935. Sebelumnya di Kayutangan Malang.

Alamat : Jl. Ridwan No. 16, Batu 65311, Jawa Timur, Indonesia

Telp : +62 341 – 592326

Website : www.parokibatu.org

 

Sejarah Paroki :

Sebelum tahun 1935 Batu masih menjadi stasi dari Paroki Kayutangan Malang. Pada bulan September 1935, Uskup Malang Mgr. A.E.G. Albers, O.Carm. mengangkat Rm. E. Woulters, O.Carm. menjadi Pastor Paroki yang pertama di Batu dengan nama pelindung paroki “St. Simon Stock” (Seorang Kudus dari Ordo Karmel). Jumlah umat tercatat lima orang warga Belanda dan empat orang warga Indonesia. Baptisan pertama tercatat pada tanggal 1 September 1935 atas nama Raymundus Ronny usia 11 bulan asal kelahiran Surabaya.

Pada tanggal 25 November 1935 Mgr. A.E.G. Albers, O.Carm. memberkati biara dan sekolah milik suster-suster Sang Timur di Jl. Panglima Sudirman 61 (dahulu bernama Jl. Trunojoyo). Waktu itu gedung sekolah dan gedung gereja belum ada, pada hari biasa biara suster dipakai untuk ruang kelas Sekolah Rakyat Sang Timur dengan Kepala Sekolah Sr. J. Cornelia, P.I.J. dan pada hari minggu dialihfungsikan sebagai Gereja.

Baru pada tahun 1939 gedung Gereja dan Sekolah SRK Sang Timur didirikan di Jl. P. Sudirman 57. Karena itu kesehatan Rm. Woulters, O.Carm. semakin menurun, pada tahun 1940 diangkatlah Rm. L. Henckens, O.Carm. sebagai penggantinya.

Tahun 1944 Rm. L. Henckens, O.Carm. diganti oleh Pastor P. Singgih, O.Carm. (Pastor Militer). Ketika Jepang masuk ke Indonesia (tahun 1942), situasi Gereja sangat menyedihkan. Sekolah Katolik ditutup, kaum wanita, anak-anak, semua pastor berkebangsaan Belanda dan para suster diinternir demi keamanan. Bahkan pada tahun 1945 sempat vacum. Pada tahun 1946 baru mulai aktif lagi dan masih dipimpin Pastor P. Singgih, O.Carm. sampai tahun 1948 dan selanjutnya diganti oleh Pastor B. Djajoes, O.Carm.

Pada tanggal 31 Juli 1948 suster-suster Sang Timur kembali ke Batu untuk memulai babak baru lagi. Sejak tahun 1950 hingga saat ini boleh dikatakan tidak ada hambatan berarti bagi perkembangan Gereja Katolik di Batu.

Dengan semakin meningkatnya jumlah umat Katolik di Batu, maka pada tahun 1983 Rm. PJ. Vollering, O.Carm. selaku Pastor Paroki saat itu menggagas untuk membangun gereja yang lebih luas. Gagasan tersebut disambut dengan baik bahkan menjadi tekad yang bulat dari umat Paroki Batu untuk membangun gereja baru dengan swadaya umat dan bantuan dari banyak donatur.

Keuskupan Malang juga menyambut baik keinginan umat Paroki Batu dengan menyediakan lahan milik Keuskupan Malang seluas 5000 m2 di Jl Ridwan. Maka pada tgl 28 Agustus 1984 dibentuklah Panitia Pembangunan Gereja Baru yang diketuai oleh Bp. St. Roebiman.

Pada tanggal 27 Oktober 1985, Uskup Malang Mgr. F.X. Hadisumarto, O.Carm. melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung gereja yang baru dan pada tanggal 1 Desember 1985 secara resmi dimulailah pengerjaan proyek pembangunannya. Bangunan yang memiliki luas 1000 m2 itu semula diperkirakan membutuhkan dana Rp 100.000.000,00 (Seratus Juta Rupiah) dan akan selesai tahun 1986 atau selambatnya awal tahun 1987.

Dana pembangunan berasal dari swadaya umat Katolik Paroki Batu dan dermawan dari luar Paroki Batu serta dari Keuskupan Malang. Bendahara Keuskupan Malang saat itu Rm. Anton Kristiyanto Gunawan , O.Carm. juga melibatkan diri secara total dalam memberikan sumbangan pemikiran dan dana. Segi artistik-liturgis gereja dirancang oleh Bruder Andreas, O.Carm. dan sebagai pelaksana ditunjuk Sonny Architectural Consultant.

Pada perkembangannya sampai akhir Oktober 1986 pembangunan telah menyerap dana sebesar Rp 125.000.000,00 bahkan sampai terselesaikannya pembangunan biaya mencapai Rp 175.000.000,00. Akhirnya tanggal 13 Juni 1987 Bupati Malang Bp. Abdul Hamid meresmikan gedung gereja yang baru dan tanggal 14 Juni 1987 diberkati oleh Uskup Malang Mgr. F.X. Hadisumarto, O.Carm.

Bersamaan dengan itu bergantilah nama pelindung “St. Simon Stock” menjadi Paroki “Gembala Baik”.

sumber sejarah paroki : klik <<

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>